Saturday, February 27, 2016

Tips Bertanam Hidroponik di Rumah

 – Hidroponik adalah sistem penanaman Sayuran atau buah yang tidak menggunakan media tanah melainkan mengguakan sistem hidro atau menggunakan media air yang dicampur dengan nutrisi khusus untuk tanaman hidroponik. Belakang ini semakin dikenal oleh banyak kalangan mengenai sistem bercocok tanam dengan media air atau HIDROPONIK. Nah so pasti anda yang sedang membaca artikel ini pasti lagi mencari cara bertanam dengan sistem hidroponik di rumah bukan ?. Menanam hidroponik di rumah memang cukup mudah, tidak usah pake media media hidroponik yang mahal dulu, gunakan media daur ulang atau media-media yang tidak terpakai untuk disulap jadi KIT Hidroponik, misalkan botol botol bekas pun bisa disulap jadi media untuk menanam sayur atau buah secara hidroponik.
Berikut ini Bahan – bahan yang anda harus sediakan agar bisa menannam hidroponik dirumah.
Alat:
Botol plastik air mineral bekas,
Gelas plastik bekas air mineral,
Jerigen plastik bekas minyak goreng,
Kain untuk sumbu (kain panel lebih bagus)
Nutrisi hidroponik.
Media tanam (rocwool, arang sekam, kerikil, pasir malang, pecahan bata merah).
Kita bisa melihat betapa sederhananya bahan yang dibutuhkan. Bahkan kebanyakan besar dari barang bekas. Jadi menanam model hidroponik sederhana ini selain kita bisa mendapatkan tanaman sayuran yang sehat dan subur, kita juga bisa memanfaatkan barang barang bekas. Sehingga botol bekas, jerigen bekas dan gelas plastik bekas yang mestinya dibuang dan menjadi limbah ternyata masih bisa diambil manfaatnya.
Langkah-langkah cara membuat tanaman hidroponik Hidroponik Wick dengan botol bekas :
  1. Potong botol menjadi 2 bagian. (atas dan bawah)
  2. Lubangi bagian atas (daerah leher botol) untuk pemasangan sumbu dan aliran udara
  3. Pasang sumbu pada bagian bawah botol
  4. Masukkan bagian atas botol ke bagian bawah botol dengan cara dibalik,
  5. Isi bagian atas botol dengan media tanam (bisa rockwool, spon, sekam bakar atau pecahan bata merah). Pilih saja mana yang paling mudah didapat. Karena fungsi media ini hanya untuk pijakan akar agar tidak rebah.
  6. Tanam bibit atau taburkan 2-3 biji bibit tanaman ke dalam media tanam.
  7. Siram dengan larutan nutrisi hidroponik.
  8. Simpan di tempat yang tidak terkena hujan tetapi masih bisa mendapat sinar matahari.
Nah Itulah cara mudah untuk menanam hidroponik di rumah dengan alat dan media sederhana, semoga artikel ini tentunya dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[tk]

No comments:

Post a Comment