Saturday, February 23, 2013

Berkebun sayuran dipekarangan (1) : Kangkung


Menanam kangkung sebenarnya sudah sering saya lakukan dan sangat mudah dalam pelaksanaannya. Namun saat ini sengaja saya uraikan detilnya dengan harapan bagi orang yang membaca bisa tertarik untuk bisa mengikuti dan mepraktekkannya. Dengan begitu pekarangan yang tadinya kosong bisa terisi tanaman hijau dan bermanfaat.
Selain pekarangan tambah asri kita juga bisa mendapatkan sayuran organik segar tanpa adanya pestisida yang bisa mengganggu kesehatan kita.
Adapun caranya adalah :
-         Pengolahan media tanam.
Media tanam terdiri dari campuran tanah, sekam dan pupuk kandang/bokhasi dengan perbandingan 2 : 1 : 1 (perbandingan tidak mutlak harus seperti itu tergantung kesuburan media atau sesuai dengan pertimbangan kita). Aduk campuran sampai merata kemudian masukkan ke dalam wadah atau pot yang akan kita gunakan untuk menanam.
-         Tanam benih.
Buat lubang tanam dan masukkan biji – biji kangkung sedalam 0.5 – 1 cm sebanyak 3-4 biji setiap lubang dan tutup kembali lubang tanam. Berhubung saya bertanam dengan pot paralon sistem vertikultur, saya tidak begitu pusing dengan jarak tanamnya. Saya cukup masukkan 3-4 biji kangkung ke setiap lubang tanam pada paralon yang sudah saya buat. Benih biasa akan tumbuh setelah 2-4 hari setelah tanam.
-         Penyiraman.
Penyiraman saya lakukan pada pagi sebelum berangkat ke kantor dan sore sepulang dari kantor. Penyiraman saya lakukan melalui botol bekas air minum kemasan yang sudah saya taruh di bagian atas pipa paralon.
-         Pemupukan.
Pemupukan saya lakukan dengan pupuk cair bikinan sendiri yang biasa di sebut MOL (Mikro Organisme Lokal) setiap 3 hari sekali. Caranya dengan melarutkan MOL dengan air dengan perbandingan 1 : 15. Larutan MOL dengan air saya siramkan seperti pada penyiraman rutin yang biasa saya lakukan.
-         Penyiangan
Tidak ada penyiangan dalam sistem vertikultur ini karena lubang tanam kecil dan hanya untuk tempat tumbuh sayuran saja. Dan inilah salah satu keuntungan bertanam dengan pot pipa paralon.
-         Pemanenan
Pemanenan kangkung saya lakukan dengan pencabutan. Biasanya saya lakukan setelah tanaman setinggi 20-25 centimeter.
Kangkung usia 5 hari
           Kangkung umur 8 hari                                                                              Kangkung umur 12 hari
Kangkung siap panen
Dengan penanganan dan perawatan yang tepat kita akan dapatkan tanaman yang subur yang nyaman untuk dilihat dan enak untuk disantap.

1 comment: