Saturday, February 23, 2013

Kenikir, selain sedap juga bermanfaat



Bagi penyuka makanan berbahan sayuran atau daun daunan, pasti anda tidak akan merasa asing dengan daun kenikir. Pohon kenikir merupakan tanaman perdu yang berdaun majemuk yang bersilangan dan berhadapan. Berbau khas, berbunga majemuk dan berakar tunggang Daun kenikir memang mempunyai rasa yang khas, dengan aromanya yang cukup kuat daun kenikir memberi sensasi tersendiri bagi orang yang menyantapnya. Kebanyakan dari kita ketika menyantap daun kenikir yang terpikir adalah rasanya, akan tetapi selain rasa nikmat daun kenikir ternyata juga kaya akan bermanfaat.
Adapun daunnya dengan kandungan saponin, flavonoid polifenol dan minyak atsiri berkhasiat sebagai obat penambah nafsu makan, penguat lambung dan pengusir serangga. Selain itu berdasarkan penelitian rupanya daun kenikir juga mengandung zat antioksidan yang dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker.
Untuk mendapatkan manfaat kenikir caranya sangat mudah, cukup dengan mengkonsumsi segenggam daun kenikir setiap hari. Lebih bagus lagi dikonsumsi bersama sayuran lain yang kaya zat antioksidan seperti daun kemangi, beluntas bayam dan lain lain.
Untuk menkonsumsinya juga cukup sederhana, kukus atau rebus daun kenikir beserta sayuran lain (kalau ada) kemudian campur dengan bumbu urap atau sambel pecel, pokoknya dijamin maknyuss..
Melihat kenyataan sebagaimana diatas, rasanya saya tidak rugi menanam pohon kenikir, dan memang saat ini saya sudah menanam pohon tersebut dalam pot ataupun lahan yang kosong dipekarangan rumah saya dan sudah beberapa kali pula saya merasakan nikmatnya daun kenikir hasil tanam saya. Kadang saya bikin pecel dan kadang saya bikin urap dicampur dengan bayam dan kemangi hasil tanam sendiri juga. Selain penghematan dalam pengeluaran belanja dapur, yang terpenting adalah adanya kepuasan tersendiri ketika menikmati hasil dari tanaman yang kita tanam sendiri.

Pohon kenikirku, biarpun masih kecil tapi sudah sering kupetik buar nggak sempat berbunga

Cara tanamnya juga sangat mudah, cukup tebar biji kenikir pada wadah tanam. Setelah tanaman tumbuh dan setinggi 10 - 15 cm pindahkan tanaman ke dalam pot yang sebelumnya sudah diisi campuran tanah dan kompos atau pupuk kandang, atau bisa langsung ditanam dilahan yang kita inginkan. Sirami secara rutin dan beri pupuk organik secara teratur. Supaya tanaman bisa kita ambil daunnya dalam jangka lama, tunas tunas mudanya harus sering dipetik supaya tidak muncul bunganya.
Inilah pengalaman saya yang berhubungan dengan kenikir. Mungkin ada yang mau mencoba??

No comments:

Post a Comment