Saturday, February 23, 2013

Enaknya kangkung dari hasil tanam sendiri


Kangkung siap masak nih.....dijamin organik
Biji biji kangkung yang saya semai beberapa waktu yang lalu sudah beberapa kali juga saya petik. Sebetulnya kalau hanya perlu sekedar sayuran semacam kangkung, bisa saja saya gak usah repot repot menanam cukup keluarkan uang Rp.2000 sudah dapat satu ikat kangkung segar yang siap olah. Tetapi karena saya ingin memanfaatkan pekarangan yang tersedia dan pada dasarnya saya memang senang bercocok tanam maka semua saya rasakan nikmat saja. Dan rasanya ada kepuasan tersendiri ketika makan sayuran hasil dari menanam sendiri, selain bisa menghemat belanja dapur juga mendapatkan sayuran organik karena untuk pertumbuhannya saya gunakan pupuk organik baik yang cair maupun yang padat. Apalagi setelah coba – coba searching tentang manfaat kangkung, wuah.. rasanya lebih bersemangat lagi untuk bisa sering – sering menyantap sayuran ini. Mau tau manfaatnya??
Berikut manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh kita :
-          Kaya dengan zat besi. Zat besi adalah zat yang sangat penting untuk tubuh kita, peranannya dalam membentuk sel darah merah sangatlah vital. Sebanyak 2,5 mg/100g kandungan zat besi dalam sayuran yang bernama kangkung tersebut. Lemas, pusing dan pandangan kabur adalah ciri awal kekurangan zat besi. Cara yang tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah menambah asuan zat besi dalam tubuh kita. Salah satunya mengkonsumsi kangkung.
-          Mencegah penyakit diabetes militus. Ekstrak pada kangkung telah diuji di laboratorium dan hasilnya ekstrak kangkung tersebut berguna sebagai anti diabetes. Hal ini dikarenakan ekstrak kankung tersebut akan menghambat penyerapan kadar gula pada tubuh kita. Perbanyaklah mengkonsumsi kangkung bila anda mengidap penyakit diabetes mellitus.
-          Memberikan cadangan vitamin C pada tubuh kita. Pada umumnya kangkung memiliki kadar vitamin C yang lebih banyak dibanding kebanyakan buah.
-          Menciptakan suasana nyaman pada otak kita. Kadar vitamin B komplek dan omega 3 pada kangkung sangatlah besar. Keduanya merupakan peningkat produksi serotin dalam otak kita. Maka dari itu, seiring meningkatnya produksi serotin akan menciptakan suasana yang nyaman pada otak kita.
-          Mengendurkan saraf kita. Hal itu dilakukan oleh mineral seng dan selenium. Semakin kendur saraf –saraf kita maka akan semakin lelap tidur kita.
-          Menjaga kestabilan penglihatan kita. Vitamin A yang terdapat pada kangkung sebesar 6300 IU, sedikit lebih banyak dibanding bayam yang hanya 6100 IU. Hal tersebut dapat dilihat dari warna daunnya, semakin hijau daunnya maka kandungan betakarotin juga semakin tinggi.
Selain itu kangkung juga bermanfaat untuk pengobatan antara lain :
-          Mengurangi Haid
0,5 kg daun kangkung segar cuci, tumbuk halus, beri air secukupnya. Saring, beri 1 sendok makan madu. Minum habis 1x sehari sekaligus.
-          Mimisan
Seikat kecil daun kangkung segar, cuci, tumbuk halus, beri sedikit gula, seduh dengan air panas. Setelah dingin, saring, minum 2x sehari.
-           Sakit Kepala
Cara I : Segenggam daun kangkung tumbuk halus, beri sedikit garam dan air secukupnya. Saring, beri madu. Minum 1x sehari sekaligus
Cara II : Seikat daun dan batang kangkung segar rebus, minum air rebusannya.
-          Ambeien
Segenggam kecil akar kangkung cuci bersih, rebus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal ½ . Setelah dingin, minum sehari 2x ½ gelas.
-          Insomnia
Sering-sering makan sayur dan kangkung, tanpa batang.
-          Sakit Gigi
Segenggam akar kangkung, ½ sendok teh cuka, direbus dengan 1 gelas air. Gunakan air rebusannya sekaligus 1x sehari.
-          Melancarkan Air Seni
Segenggam akar kangkung direbus dengan 2 gelas air sampai tinggal menjadi 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus 1x sehari
-          Ketombe
Kangkung segar secukupnya direndam dalam air semalam sampai airnya berwarna kebiruan. Keramas dengan air itu. Lakukan ini setiap keramas.
-          Sembelit,Mual Bagi Ibu Hamil
Makan masakan sayur kangkung dengan ditumis.
-          Sariawan,Gusi Bengkak
Seikat daun kangkung ( tanpa batang ) cuci bersih, lumatkan, beri 1 gelas air, peras dan saring ( boleh beri sedikit garam ). Gunakan airnya untuk kumur.
             Melihat banyaknya manfaat kangkung, rasanya nggak ada ruginya saya menanamnya.

No comments:

Post a Comment