Saturday, February 23, 2013

MENANAM BROKOLI



Tanaman Brokoli Yang Sedang Mulai Berbunga
Tanaman Brokoli Yang Sedang Mulai Berbunga
Bismillah
1. PENYEMAIAN:
Idealnya sebelum disemai benih perlu diberi beberapa perlakuan sebagai berikut:
-sterilisasi benih, dengan merendam benih menggunakan larutan fungisida dengan dosis yang dianjurkan atau dengan merendam benih kedalam air panas sekitar 550C selama 15-30 menit.
-penyeleksian benih, dengan merendam benih kedalam air, yang mana benih yang baik akan tenggelam.
-rendam benih selama + 12jam atau sampai benih terlihat pecah agar benih cepat berkecambah.
“Kalau saya langsung semai saja, makanya di atas saya tulis idealnya “
Brokoli TM KRIBOW
Ini adalah benih yang saya gunakan “Brokoli TM KRIBOW” produksi Tani Murni Bandung. 

Penyemaian dilakukan dengan menaruh benih di tray atau polibag kecil sedalam 0,2-1,0 cm.
Media semai : campuran ayakan pupuk kandang matang dengan tanah halus dengan perbandingan 1:2 atau 1:1.
Penyemaian
Penyemaian, saya menggunakan tray,dan menyebar sekitar 10 butir benih saja..
2. PENANAMAN
Media tanam gunakanlah campuran pupuk kandang,kompos dan tanah, bisa juga tambahkan pupuk kimia sebagai pupuk dasar.
Kalau saya hanya menggunakan tanah, pupuk kandang dan kompos”
Tempat Media Tanam
Tempat Media Tanam yang akan saya gunakan, anda bisa menggunakan polybag, pot atau halaman rumah.

Setelah bibit  memiliki 3-4 helai daun atau berumur 1 bulanan, dilakukan penanaman di Polybag/pot/halaman rumah.
Saya menanam di atas pagar, karena aman dari gangguan tikus, ayam dan kambing tetangga :D
Penanaman
Penanaman saya lakukan pada saat bibit memiliki 4 daun.
3. PERAWATAN
Pemupukan
Pemupukan dilakukan pada 1 minggu setelah tanam, 3 minggu setelah tanam dan 5 minggu setelah tanam.
Kalau melakukan pemupukan dengan melarutkan NPK sekitar sesendok teh kedalam seember air , kemudian disiramkan keatas  tanah sekitar tanaman”
Tanaman Brokoli satu minggu setelah tanam
Tanaman Brokoli satu minggu setelah tanam, saya tumpangsarikan dengan caisim dan bit merah
Penyiraman
Penyiraman dilakukan pada pagi atau sore hari, kalau musim kemarau dilakukan 1-2 kali sehari terutama pada saat baru pindah tanam dan pada saat pembentukan bunga.
Perkirakan saja, kalau tanaman terkena hujan ya tidak usah disiram”
Usia 3 Minggu Setelah tanam
Usia 3 Minggu Setelah tanam
Pengendalian Hama dan Penyakit
Apabila ada hama dan penyakit yang memerlukan tindakan pengendalian bisa dilakukan manual atau penyemprotan dengan pestisida.
Tanaman saya hanya ada beberapa hama yang masih bisa dieksekusi dengan tangan, tapi kalau serangan hama masif tentunya perlu dilakukan penyemprotan pestisida.”
Alhamdulillah tanama brokoli saya sehat-sehat semua,
Alhamdulillah tanama brokoli saya sehat-sehat semua, ke-6 tanaman yang saya punyai, tidak terkena penyakit maupun  hama 
Perempalan
Ketika tanaman sudah mau  berbunga, maka diketiak daun yang dekat dengan calon bunga akan muncul tunas-tunas tanaman baru, agar pertumbuhan terfokus ke calon bunga maka perlu dilakukan perempalan tunas-tunas tersebut.
Proses Perempalan
Proses Perempalan
“Sebenarnya perempalan ini sebuah opsi saja, kalau mau bunganya banyak, maka tunas-tunas tadi dibiarkan saja. Pilih bunganya satu gede atau banyak tapi kecil-kecil?. Tunas hasil perempalan jangan dibuang ya, lebih baik disayur enak lho..”
Tunas hasil Perempalan
Tunas hasil Perempalan
“Setelah muncul bunga opsi selanjutnya adalah bunga brokoli mau warnanya hiaju gelap atau hijau terang? kalau ingin hijau terang maka daun-daun tua tanaman diikat ke atas untuk menutupi bunga yang sedang tumbuh, fungsinya jelas yaitu melindungi bunga dari sinar matahari.
Pengikatan Daun Biar Bunga tidak hijau tua
Pengikatan Daun Biar Bunga tidak hijau tua, iseng juga nih..
4. PEMANENAN
Pemanenan dilakukan pada usia 55-100 hari setelah tanam tergantung jenis varietasnya.
Kalau tanaman saya belum dipanen”

1 comment:

  1. saya orang malaysia. seronok banget baca cara dan hasil tanaman blog ini. terima kasih ya untuk idea berkebun.

    ReplyDelete