Saturday, February 23, 2013

Memperbanyak Zamio


Zamio punyaku yg
kutanam disepanjang
pagar rumah
Zamioculcas zamiifolia atau biasa kita sebut Zamio merupakan tanaman hias yang letak keindahannya pada sosok tanaman dan daunnya. Dengan model daun yang menyirip dan warna daun hijau gelap mengkilat, zamio betul – betul menjadi tanaman yang eksotik. Keunggulan tanaman hias yang letak keindahannya pada daun adalah selama tanaman itu hidup dan dirawat dengan baik akan selalu kelihatan indah sepanjang waktu. Beda dengan tanaman bunga, ketika sedang berbunga tanaman akan kelihatan indah, tetapi saat tidak berbunga akan tidak bagus dilihat. Makanya sebagai pecinta tanaman hias saya lebih memilih tanaman hias yang letak keindahannya ada pada daunnya. Seperti anthurium dan zamio ini.
Di sini saya tidak akan membahas zamio secara detil, tetapi saya menulis artikel ini hanya untuk membahas mengenai perbanyakannya. Hal ini karena saya terinspirasi dari tulisan teman di blognya tentang bagaimana dia memperbanyak tanaman zamionya. Dia memperbanyak dengan memisahkan anakan2 yang muncul. Makanya saya di sini akan mengulas memperbanyak zamio dengan daunnya.
Tanaman zamio selain bisa diperbanyak dengan anakannya juga bisa diperbanyak dengan daunnya atau biasa disebut stek daun. Sebagaimana pengalaman saya ketika memperbanyak zamio yang saya punya. Keuntungan dari cara ini yaitu kita bisa mendapatkan tanaman dalam jumlah besar, tetapi memang perlu waktu yang agak lebih lama.
Langsung saja bagaimana caranya? Caranya sangat mudah :
-        Ambil daun zamio yang sudah tua tetapi belum menguning.
    
-        Kemudian potong bagian pangkal daun 1/3 atau ¼ bagian daun.
    
-        Rendam potongan daun dalam larutan perangsang akar. Saya memakai larutan vitamin B sisa obat nafsu makan punya anak saya.
    
-        Tanam potongan daun sampai 1/3 bagian ke dalam media tanam
-        Siram seperlunya untuk menjaga kelembaban media.
-        Setelah 1-1,5 bulan akan muncul umbi kecil2 sebagai bakal tanaman.
-        Rawat dengan telaten, Insya Allah dalam 3 bulan kita sudah punya banyak anakan zamio.
Nah..karena gambar – gambar yang ada adalah gambar dari perbanyakan yang baru, maka untuk hasilnya akan saya update bulan depan.

No comments:

Post a Comment