Saturday, February 23, 2013

Perkembangan Hidroponikku


Sebagaimana beberapa hari yang lalu saya sudah memposting tentang “Mencoba Hidroponik Sederhana”, rasanya kurang afdhol kalau saya tidak posting juga perkembangannya. Hidroponik coba – coba yang saya lakukan ternyata perkembangannya cukup lumayan memuaskan, meskipun ada juga tanaman yang mati misalnya seledri yang saya tanam di botol air mineral. Akan tetapi selain seledri, saya juga menanam selada, sawi dan Lombok. Adapun untuk selada sekarang sudah memasuki masa panen meskipun hasilnya tidak sesubur yang saya tanam di pipa paralon, dan untuk Lombok/cabe perkembangannya bagus, meskipun saya tidak memakai nutrisi hidroponik yang saya beli. Untuk nutrisi Lombok/cabe saya mencoba memakai NPK mutiara + Gandasil D dengan takaran NPK 15 gram dan Gandasil 10 gram kemudian saya campur dengan air 10 liter (resep yg saya dapat dari mbah google). Saya sih berharap tanaman Lombok/cabe bisa berbuah lebat seperti yang biasa saya lihat lewat internet. Kalau misalkan berhasil berarti untuk ke depannya saya nggak perlu lagi beli nutrisi hidroponik yang cukup susah dibeli di daerah saya. Selain susah harganya juga cukup lumayan mahal. Jadi dengan ramuan NPK dan Gandasil yang sekarang ini bisa menghemat biaya pupuk.
Adapun untuk gambar2 perkembangan tanamanku seperti di bawah ini.
 
update 15 oktober
 kalah subur dengan yang di pipa paralon
 
2 oktober
 












  
Selada merah update 15 oktober
 lebih subur daripada hidroponikku
  
Selada hijau update 15 oktober l
ebih subur daripada hidroponikku
















  

Cabe  2 Oktober
        
 
 Penampakan sumbu
    untuk resapan air nutrisi
 

Update 15 Oktober

2 comments:

  1. sangat bermanfaat...gimana hasilnya untuk hasil alhir selada sawi dan cabenya??bagus ga dengan formula gila gandasilnya???

    ReplyDelete
  2. Pak itu nutrisinya ngasihnya cuma sekali aja ya? Trus selama masa tanam apakah perlu disiram air biasa apa nutrisi lagi ya??

    ReplyDelete